Gelar Sosialisasi Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Pemkab Samosir Komitmen Akan Terus Tingkatkan Pelayanan Publik

    Gelar Sosialisasi Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Pemkab Samosir Komitmen Akan Terus Tingkatkan Pelayanan Publik

    SAMOSIR-Pemerintah Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Ombudsman Republik Indonesia melalui Perwakilan Provinsi Sumatera Utara menggelar sosialisasi kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (5/7/2023).

    Sosialisasi kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tersebut dibuka Asisten Administrasi Umum Drs. Waston Simbolon, MM yang juga dihadiri Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Mory Yana Gultom dan Ganda Yoga Pangestu yang juga sekaligus sebagai Narasumber.

    Selain itu, Sosialisasi tersebut juga diikuti Dinas Dukcapil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Samosir.

    Kabag Organisasi Arnod Sitorus dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait peningkatan pelayanan publik sesuai UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,

    Dalam UU No 25 tahun 2029 juga disebutkan, bahwa instansi penyelenggara pelayanan dengan baik dan harus terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan memberikan pelayanan berkualitas, maka Ombudsman RI akan melakukan penilaian terhadap Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023.

    Arnod menambahkan, Tahun 2022 lalu, Ombudsman RI Perwakilan telah melakukan penilaian pelayanan publik terhadap 5 OPD dan 2 unit layanan Puskesmas di Kabupaten Samosir dengan nilai rata-rata 75, 14 kategori opini kualitas sedang dan berada pada zona kuning, atau kurang 2, 86 poin untuk mencapai kategori hijau. Untuk itu, masih dibutuhkan kerja keras masing-masing OPD untuk memperbaiki kualitas layanan publik.

    Bupati Samosir melalui Asisten Administrasi Umum Drs. Waston Simbolon mengatakan, Pemkab Samosir terus berkomitmen menyelenggarakan pelayanan publik yang maksimal dan terus berbenah meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

    Selain itu, aparatur pemerintah juga dituntut harus lebih profesional, jujur, handal, berdisiplin, tulus dan transparan dalam bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat selaku pemanfaat, ”ujar Asisten Administrasi Umum Drs. Waston Simbolon

    Dalam kesempatan itu, Waston juga mengapresiasi Puskesmas Buhit, Puskesmas Simarmata, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Dinas Kesehatan, dimana pada penilaian Ombudsman RI Tahun 2022 lalu berada pada kategori Zona Hijau (opini kualitas tertinggi).

    Melalui sosialisasi ini diharapkan peserta mampu dan paham terkait tahapan dan strategi kebijakan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat baik dari sisi kualitas, waktu, kemudahan dan biaya yang harus dikeluarkan masyarakat.

    "Saya minta agar peserta mengikuti sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh, karena dalam waktu dekat Tim Ombudsman akan melakukan penilaian kepatuhan pelayanan publik pada setiap OPD dan Puskesmas", tegas Waston mengakhiri.

    Selain melakukan sosialisasi, Tim Ombudsman Provsu juga melakukan kunjungan ke unit layanan untuk mengetahui sejauh mana persiapan yang telah dilakukan, serta hal-hal apa saja yang perlu dibenahi oleh masing-masing unit layanan dalam peningkatan layanan publik.(Karmel, rel)

    samosir
    Karmel

    Karmel

    Artikel Sebelumnya

    Naiki Sepeda Motor ke Pusuk Buhit, Bupati...

    Artikel Berikutnya

    Terima Kunjungan Kerja KP2KP Sumut, Pemkab...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    TNI-Polri Gelar Tactical Video Game Untuk Sinergikan Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden 2024
    Peduli dengan Anak Yatim Piatu, Pemerintah Kabupaten Samosir Salurkan Bantuan Sosial
    Bupati Samosir Hadiri Perayaan Natal Nasional Komite Masyarakat Danau Toba Tahun 2022
    Kementerian Bappenas Tindaklanjuti Usulan Bupati Samosir, Deputi Sarana Minta Dokumen Pendukung Dipersiapkan Agar Segera Direalisasikan
    Resmikan Pelayanan Anjungan Listrik Mandiri di Simanindo, Bupati Samosir Apresiasi Terobosan PLN
    Gelar Uji Publik KLHS RPJPD Tahap II, 14 Isu Strategis Jadi Pembahasan Utama dan Seluruh Peserta Diminta Berikan Masukan dan Saran
    Buka Pendaftaran Bursa Calon Bupati, Sang Energi Baru Freddy Situmorang Daftar ke PDI-P
    Launching Vaksinasi Booster, DPRD Samosir Apresiasi Kinerja Tim Kesehatan
    Bupati Samosir Hadiri Perayaan Natal Nasional Komite Masyarakat Danau Toba Tahun 2022
    Pemkab Samosir bersama Dinas P3AKB Pemprov Sumut Gelar Sosialisasi Penyusunan dan Pemanfaatan Grand Design Pembangunan Kependudukan
    Cegah Krisis Pangan, Pemerintah Samosir Terapkan Urban Farming
    Bupati Vandiko Timotius Gultom dan Ketua PN Balige Tinjau Rencana Lokasi Pembangunan Kantor Pengadilan Negeri Samosir
    Bersama Bupati Samosir, Kapolda Sumut Cek Kesiapan Pengamanan Aquabike Jetsky World Championship
    Bupati Samosir Buka Rapat Perumusan Visi Misi, Arah Kebijakan RPJPD 2025-2045
    Rayakan Natal bersama GPdI se-Wilayah Samosir, Bupati Vandiko Ajak Umat Kristiani Bangun Kebersamaan dan Persaudaraan
    Rita Tavip Megawati Dilantik Sebagai Penjabat Sekertaris Daerah Kabupaten Samosir, Bupati Vandiko Minta Berkerja Tulus dan Ikhlas

    Ikuti Kami